Kenapa Buka Harus Dengan Yang Manis ?

Buka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu untuk menghilangkan kelaparan dan perpecahan. Hidangan manis sering menjadi hidangan wajib yang ada di setiap meja. Haruskah istirahat cepat selalu manis?

Mengapa menu istirahat cepat harus selalu manis?

Setelah Anda makan terakhir, yaitu saat fajar, toko gula darah Anda terus turun sepanjang hari karena Anda tidak mendapatkan makanan lain. Gula darah adalah sumber energi terpenting tubuh. Karena itu, Anda akan mudah merasa lemas dan mengantuk saat beraktivitas saat berpuasa. Untuk mengimbangi kehilangan energi ini, Anda memerlukan menu buka puasa yang tepat.

Gula dapat dengan cepat meningkatkan gula darah Anda, yang turun setelah puasa. Namun, sebagian besar makanan manis yang mereka sebut teh manis atau pisang goreng tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk menggantikan nutrisi dan vitamin lain yang hilang bahkan selama hari aktivitas. Makanan manis ini sebenarnya bisa mengurangi gula darah Anda secara dramatis setelah makan. Hasilnya adalah Anda merasa lemas dan mengantuk dengan puasa cepat.

Jadi, bukankah diizinkan makan makanan manis yang mengandung gula?

Idealnya, menu buka puasa harus benar-benar manis untuk memulihkan energi. Namun menurut British Nutrition Foundation, Anda tidak boleh mengonsumsi banyak makanan atau minuman manis dengan tambahan gula. Selain fakta bahwa asupan kalori dan gula yang berlebihan dapat menurunkan kadar gula darah Anda secara drastis, Anda juga bisa menjadi gemuk setelah berpuasa.

Pilih makanan manis alami yang juga mengandung serat dan sangat bergizi, seperti:
  • Jus buah atau smoothie
  • Kurma
  • Buah tambahan tanpa pemanis
  • Buah segar, buah kering atau buah beku, misalnya, pisang beku ditutup dengan cokelat.

Perhatikan kadar gula dari minuman dan jika Anda cepat istirahat

Misalnya, kurma rata-rata mengandung sekitar 23 kalori, 6,2 gram karbohidrat, 5,3 gram gula, dan 0,7 gram serat. Dibandingkan dengan segelas teh manis panas, kandungan gula bisa lebih tinggi tergantung pada berapa banyak porsi yang digunakan. Satu sendok makan gula pasir (13 gram) mengandung 50 kalori, 13,65 gram karbohidrat dan 13,65 gram gula.

Makan tiga janji memberi Anda sekitar 69 kalori dalam satu istirahat cepat. Namun, kurma juga termasuk serat, protein, kalium, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, dan vitamin B6, yang penting bagi tubuh. Serat buah yang tercantum pada halaman Healhtline membantu mengontrol gula darah sehingga tidak naik.

Sebaliknya, segelas teh manis panas memiliki sedikit atau tidak ada nutrisi. Terutama jika gula yang dikonsumsi adalah dalam bentuk cairan manis, lebih mudah dicerna dan diserap segera. Karena itu, gula darah juga naik lebih dramatis. Juga, minuman manis biasanya tidak memiliki efek yang memuaskan, sehingga Anda dapat mengkonsumsinya terlalu banyak.

Anda dapat mengganti gula dalam menu konteks menggunakan madu, yang memiliki nilai gizi yang cukup berguna, atau ekstrak vanila.