Manfaat Pegagan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat pegagan dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, daun pegagan juga baik untuk kecantikan. Pegagan atau Centella asiatica adalah tanaman liar yang tumbuh di banyak negara Asia seperti Cina, Indonesia, Jepang dan India.

Daun pegagan dapat mengobati berbagai penyakit mulai dari yang ringan sampai yang parah. Telah terbukti secara ilmiah bahwa beberapa manfaatnya membantu mengobati penyakit tertentu. Anda bisa menggunakan daun herbal ini sebagai pengobatan alternatif.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan kecantikan menarik banyak ahli untuk pemeriksaan lebih lanjut. Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun obat-obatan herbal alami, mereka tidak selalu aman. Jangan lupa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Sederhanakan aliran darah dan menghilangkan kecemasan dan stres

Aliran darah

Manfaat daun pegagan dalam aliran darah diyakini berasal dari kandungan triterpren pada daun yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat kimia ini juga dikenal untuk merangsang pembentukan kolagen dan glikosaminoglikan yang mendorong penyembuhan luka.

Daun pegagan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan aliran darah pada orang dengan varises dan insufisiensi vena, suatu kondisi yang menyebabkan darah terkumpul di kaki. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Angiology juga menunjukkan bahwa pegagan membantu dalam mengobati hipertensi vena.

Jurnal peninjauan sistematis menemukan bahwa Centella asiatica membantu mengurangi gejala kekurangan vena. Gejala seperti sakit, bengkak dan keluhan merasa berat di kaki telah diketahui berkurang karena penggunaan tanaman herbal ini.

Mengurangi kecemasan dan stres

Penelitian pada 33 orang dengan gangguan kecemasan umum menemukan bahwa ekstrak daun Gotu Kola selama 60 hari dapat mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan depresi.

Ini lagi terkait dengan kandungan senyawa triterpenoid dalam pegagan yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat daun pegagan adalah menghilangkan kecemasan dan stres.

Manfaat Daun Gotu Kola: Mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi stretch mark

Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun pegagan telah dikenal selama berabad-abad. Pegagan telah lama digunakan untuk mengobati luka ringan. Kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai triterpenoid memainkan peran dalam mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan, dan memasok darah ke area luka.

Penelitian terbaru yang dilakukan pada bulan April 2018 meneliti manfaat pegagan untuk mengurangi jaringan parut setelah operasi. Hasilnya, pasien yang mendapat ekstrak daun pegagan secara rutin setelah operasi memiliki proses penyembuhan yang lebih cepat. Bahkan, penampilan jaringan parut di area sayatan bedah sebelumnya cenderung kurang.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of Medicine, seorang pasien yang menderita luka bakar dan mengoleskan salep dari ekstrak daun Centella asiatica atau pegagan ke daerah yang terkena mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat. Salep herbal ini juga membantu mengurangi risiko infeksi kulit.

Mencegah dan mengatasi stretch mark

Sebuah studi tahun 2013 menyatakan bahwa manfaat daun pegagan bisa menutupi munculnya stretch mark pada kulit. Ini disebabkan oleh senyawa terbenoid yang ditemukan dalam Centella asiatica, yang membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Selain membantu menyembunyikan stretch mark yang ada, senyawa ini juga membantu mencegah munculnya stretch mark baru.

Manfaat pegagan: meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu mengobati penyakit Alzheimer

Meningkatkan fungsi kognitif otak

Sebuah penelitian pada 2016 menyatakan bahwa manfaat pegagan dan daun asam folat mampu meningkatkan fungsi otak. Namun, para ahli menemukan bahwa pegagan lebih efektif meningkatkan daya ingat seseorang setelah stroke daripada asam folat.

Sebuah studi terpisah pada tikus menemukan hal yang sama. Meskipun dapat meningkatkan fungsi otak pada tikus kecil dan besar, efeknya optimal pada tikus yang lebih tua.

Membantu mengobati penyakit Alzheimer

Centella asiatica memiliki potensi untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi saraf. Meningkatkan dua fungsi ini berpotensi untuk membantu mengobati penyakit Alzheimer.

Bahkan, satu studi pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun pegagan memiliki efek positif dalam mengobati distorsi perilaku pada tikus dengan penyakit Alzheimer.

Berdasarkan penelitian ini, manfaat daun pegagan diketahui mampu melindungi sel-sel otak dari keracunan. Selain itu, tanaman ini juga dapat melindungi sel-sel di otak dari pembentukan plak yang menyebabkan penyakit Alzheimer.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat pegagan dalam mengobati penyakit Alzheimer. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum minum obat herbal.

Mencegah Penuaan Dini dan Jerawat

Mengatasi penuaan dini

Salah satu manfaat daun pegagan adalah dapat mencegah penuaan kulit, terutama wajah dan leher. Gejala penuaan dini adalah salah satu masalah kecantikan dan kesehatan yang paling umum yang dihindari oleh kebanyakan wanita. Tidak dapat disangkal, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami tubuh Anda juga akan berkurang. Padahal, kolagen adalah protein yang memiliki peran penting dalam elastisitas kulit, terutama wajah dan leher.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menunjukkan bahwa daun pegagan dapat secara efektif membantu menghasilkan kolagen alami dalam tubuh.

Atasi jerawat

Ketika Anda memiliki jerawat aktif, menggunakan krim anti jerawat yang mengandung Centella Asiatica dapat mempercepat proses penyembuhan sambil membersihkan wajah Anda dari jerawat tanpa meninggalkan bekas.

Selain itu, karena berfungsi secara efektif untuk meningkatkan produksi kolagen, daun pegagan mampu mencegah pembentukan bekas jerawat atau hiperpigmentasi. Meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh juga mampu menghilangkan bekas jerawat karena mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, A, B1, B2, niasin, karoten dan antioksidan.